Cari Di Sini

Senin, 23 September 2013

Makalah pengelompokan teknologi informasi

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengelompokan Teknologi Informasi
Teknologi informasi terdiri dari teknologi komputer dan teknologi komunikasi. Teknologi komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan komputer seperti printer dan juga CD Room. Teknologi telekomunikasi atau biasa disebut teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Contoh:Televisi, telepon dan radio. Teknologi informasi memiliki beberapa kelompok yang mempunyai peranan masing-masing. Teknologi informasi dikelompokan menjadi 6 kelompok yaitu:[1]
1.    Teknologi Masukan (input technology)
Teknologi masukan atau input technology adalah teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukan data kedalam sistem komputer. Contoh: Mouse, keybord, dan scenner.
a.       Mouse berfungi untuk mengatur posisi pada layar komputer. [2]
b.      Keybord merupakan peralatan masukan langsung terdiri dari tombol-tombol huruf dan tombol-tombol fungsi. Bentuk keybord ada yang standard dan extended. Perbedaannya keybord standar mempunayi 88 tombo, sedangkan extended lebih banyak.
c.       Scanner adalah peralatan untuk membaca input baik data maupun gambar untuk di scan.                                                  
2.    Teknologi Keluaran (output technology)
Teknologi keluaran atau output technology adalah yang berhubungan dengan segala piranti yang berfungsi untuk menyajikan atau mengeluarkan informasi yang telah diproses menjadi bentuk yang siap di gunakan oleh pengguna. Keluaran bisa berupa suara, cetakan atau tampilan melalui monitor. Alat output ada bermacam-macam jenisnya bergantung pada jenis output yang di hasilkan oleh komputer. Misalnya, printer digunakan untuk mencetak hasil output di atas kertas, sedangkan speaker digunakan untuk mengeluarkan suara.
3.    Teknologi Penyimpanan
Teknologi penyimpanan adalah yang berfungsi untuk menyimpan data yang telah dimasukkan dan juga menyimpan hasil pemrosesan kerja CPU. Perangkat Penyimpanan dibagi menjadi dua, yaitu memori internal dan memori eksternal.[3]


a.       Memori Internal
Memori internal berfungsi sebagai pengingat sementara baik bagi data, program maupun informasi ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU. Memori Internal merupakan memori yang ada dalam CPU yang terdiri dari ROM (Read Only Memory) adalah memori yang hanya bisa dibaca. dan RAM (Random Acces Memory) adalah memori yang isinya bisa diperbaharui.
b.      Memori External
Memori external adalah media yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Permarnen berarti bahwa data yang terdapat pada penyimpan akan tetap terpelihara dengan baik sekalipun komputer sudah dalam keadaan mati (tidak mendapat aliran listrik). Contohnya harddisk, disket dan flashdisk.
1.        Harddisk[4]
Harddisk merupakan bagian yang berfungsi menyimpan data di komputer. Data yang disimpan adalah data sistem operasi maupun data aplikasi. Hardisk memiliki beberapa jenis seperti: IDE, SATA, dan SCSI.


2.        Disket
Disket merupakan media penyimpan data juga, namun dengan kapasitas yang relative kecil. Kemampuan menyimpan dari disket sekitar 1,44 MB.
3.      Flashdisk[5]
Flashdisk merupakan sebuah  alat untuk menyimpan data eksternal atau sebagai sarana transfer data antara data yang masih tersimpan pada HDD laptop kita dengan PC kita atau sebaliknya, yang mengunakan penghubung USB. Kemampuannnya menyimpan data mulai dari 32 MB, 64 MB, 128 MB, hingga 1GB, 2 GB, 4 GB, dan 8 GB.
4.        Teknologi mesin pemroses (processing machine)
Adalah bagian dalam sistem komputer yang menjadi pusat pengolah data dengan cara menjalankan program yang mengatur pengolahan tersebut. Lebih dikenal dengan sebutan CPU, mikroprosesor atau prosesor.
5.        Teknologi perangkat lunak (software)
Adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki penggunanya. Perangkat Lunak merupakan kumpulan dari intruksi-intruksi yang akan mengatur kerja komputer. Perangkat lunak terdiri dari
                              a.    Sistem operasi[6]
Perangkat lunak sistem operasi bisa dikatakan sebagai perangkat lunak yang sangat vital, sistem operasi merupakan perangkat lunak yang mengendalikan seluruh kerja dari perangkat-perangkat komputer. Sistem operasi yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah sistem operasi buatan Microsoft Corp seperti Windows 95, windows 98SE, Windows 2000 professional, Windows XP, dan Windows 7. Masih ada sistem operasi lainnya seperti Machintosh system 7, Lindows, dan Linux.
b.    Sistem Aplikasi
Sistem Aplikasi merupakan perangkat lunak penunjang untuk tujuan tertentu.  Sistem aplikasi berupa Microsoft Office, Word perfect Corel draw, adobe photoshop, dan lain-lain.
c.         Utility
Perangkat lunak Utility adalah perangkat lunak yang dipakai untuk menunjang kinerja komputer dan perawatan perangkat sistem operasi.
6.        Teknologi komunikasi[7]
Adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Contohnya: Telephone, Radio, dan Televisi.
BAB III
PENUTUP
1.1    Kesimpulan
       Teknologi informasi memiliki beberapa kelompok yang mempunyai peranan masing-masing dalam pengoperasian komputer. Karena setiap kelompok dari teknologi informasi memiliki perbedaan dalam fungsinya, sehingga dari perbedaan itulah dapat terbentuk sebuah teknologi yang jauh lebih canggih dan lebih memiliki banyak fungsi. Maka dari itu untuk lebih menguasai teknologi informasi kita terlebih dahulu harus mengenal lebih dalam mengenai pengertian, peran, dan pengelompokan teknologi informasi.




[1] )Evan Dani, “Pengelompokan teknologi informasi” diakses dari
at 2:03 AM,10 April 2012.
[2] )Andi Purnomo, ”Teknologi Informasi dan Komunikasi” (Jakarta: yudistira 2010),hlm.21
[3] )Bahrul Alam, “Pengelompokan teknologi informasi” diakses dari http://bahhrulalam.blogspot.com/2011/11/pengelompokan-teknologi-informasi.html
Senin,28 November 2011 at 07:27

[4] )Edy Winarno dan Ali Zaki,”Membangun Jaringan Komputer dari Windows Xp Hingga Windows 8” (Jakarta;PT.Elex Media, 2013),hlm.21 
[5] ) Bahrul Alam, “Pengelompokan teknologi informasi” diakses dari http://bahhrulalam.blogspot.com/2011/11/pengelompokan-teknologi-informasi.html
Senin,28 November 2011 at 07:27


[6] ) Andi Purnomo, ”Teknologi Informasi dan Komunikasi” (Jakarta: yudistira 2010),hlm.34

[7] )Ariandiin,”Pengelompokan Teknologi Informasi” diakses dari http://arihandiningsih.blogspot.com/2011/12/pengelompokan-teknologi-informasi.html, Senin, 5 Desember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar