Cari Di Sini

Kamis, 12 September 2013

Makalah Pengertian dan Peran Teknologi Informasi

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Di zaman era globalisasi ini teknologi informasi mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya teknologi informasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja dan ini yang nantinya digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan. Teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan di laksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas.

Teknologi informasi seakan telah mendarah daging dalam diri setiap manusia di era ini, teknologi informasi yang telah mengglobal mampu mencakupi segala aspek yang ada dalam kehidupan ini dan juga menyebabkan ilmu pengetahuan menjadi kian berkembang dan berkembang.
Selanjutnya, untuk lebih memahami mengenai pengertian dan juga peran dari teknologi informasi, akan penulis bahas dalam sebuah makalah yang berjudul PENGERTIAN DAN PERAN TEKNOLOGI INFORMASI.
1.2  Rumusan Masalah
1.Apa pengertian dari teknologi informasi?
2.Apa saja peran teknologi informasi?
1.3  Tujuan
Makalah ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pengertian teknologi informasi, dan untuk lebih memahami peran dari teknologi informasi.
1.4  Metode Penulisan
Penyusunan dalam mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan materi ini dari buku-buku serta browsing dari internet tentang materi terkait.
1.5  Sistematika Penulisan
Untuk memudahkan maklah ini, penulis membaginya menjadi tiga bagian,yaitu:
I.                   Pendahuluan yaitu, latar belakang, rumusan masalah, tujuan, metode penulisan, dan sistematika penulisan.
II.                Pembahasan yaitu, pengertian teknologi informasi, dan peran teknologi informasi.
III.             Penutupan yaitu, kesimpulan, saran dan daftar pustaka.



















BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Teknologi Informasi
      Teknologi informasi terdiri dari kata teknologi dan informasi. Teknologi adalah pengembangan dan sebuah aplikasi dari sebuah alat mesin atau benda untuk meringankan pekerjaan atau masalah manusia dalam kehidupan sehari-hari.Informasi adalah sebuah hasil pemerosesan, menipulasi, dan pengelompokan sebuah data yang mempunyai nilai bagi penggunanya.
      Jadi pengertian teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan  untuk mengolah data termasuk juga memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas yaitu informasi yang relevan atau sesuai tepat waktu digunakan untuk keperluan pribadi serta bisnis dan pemerintahan yang merupakan informasi yang strategis dalam pengambilan keputusan.[1]dengan kata lain teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan telekomunikasi.
      Berikut ini adalah Pengertian teknologi informasi menurut beberapa para ahli teknologi informasi:
1.    (Haag&Keen,1996)  [2]                                                         
Teknologi Informasi  adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
2.    (Martin, 1999)  
Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi. 
3.    (Lucas, 2000)  
Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis. 
4.    (William & Sawyer, 2003)
Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. 
5.    (kamus Oxford, 1995)  
Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar. 
           Berdasarkan pemaparan mengenai pengertian teknologi informasi dari beberapa para ahli kita dapat ambil kesimpulan bahwa teknologi informasi adalah suatu media teknologi yang di gunakan untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan sehingga dapat meringankan pekerjaan kita.

2.2 Peran Teknologi Informasi
            Peran teknologi informasi pada aktivitas manusia saat ini begitu besar. Karena perkembangan teknologi yang sudah semakin pesat sehingga kebutuhan manusia akan teknologi juga semakin banyak, bahkan teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan di mana memberikan peluang besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, perusahaan dan lain-lain.
  Teknologi informasi juga memiliki peran dalam dunia pendidikan, dari pendidikan yang hanya bisa di lakukan hanya dengan tatap muka sampai pendidikan yang bisa di lakukan secara terbuka, dan dapat di akses oleh siapapun yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis, usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Pendidikan mendatang akan lebih ditentukan oleh jaringan informasi yang memungkinkan berinteraksi dan kolaborasi, bukanya berorientasi pada gedung sekolah. Teknologi dapat meningkatkan kuwalitas suatu pendidikan apabila digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan.
 Adapun peran teknologi informasi dalam dunia pendidikan adalah:
1.Memperbaharui sifat pendidikan yang cendrung tertutup menjadi terbuka dan lebih proaktif, sehingga akan semakin memberdayakan proses belajar mengajar menjadi  lebih kreatif dan kompetetif.[3]
2.Menjadikan semua persoalan dapat di tangani dengan mudah dan cepat,melalui sistem yang berbasiskan teknologi.
3.Menyediakan layanan informasi akademik suatu institusi pendidikan.[4]
4.Menyediakan  direktoriat alumni dan sekolah.
5.Menyediakan akses ke perpustakaan.
6.Mengadakan akses ke pakar.
7.Perkuliahan secara online
8.Menyediakan fasilitas mesin pencari data.
9.Menyediakan fasilitas diskusi.
10.Menyediakan fasilitas kerja sama.
            Teknologi informasi juga memiliki peran dalam dunia pemerintahan, dan juga mempunyai arti yang sangat penting dalam kesejahteraan ekonomi. E-government mengacu pada Penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainya. Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain.
Peran teknologi informasi dalam dunia pemerintahan yaitu:[5]
1.Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasi dapat di sediakan 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu tanpa harus menunggu di bukanya kantor. Informasi dapat di cari dari kantor, rumah, tanpa harus datang sendiri ke kantor pemerintahan.
2.Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum.Dengan adanya keterbukaan(transparansi), di harapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan curiga antara beberapa pihak.
3.Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien. Sebagai contohnya, koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melalui e-mail atau bahkan video conference.
            Bagi Indonesia yang areanya sangat luas yakni dari sabang samapai maroke, teknologi informasi sangat membantu. Tanya jawab, koordinasi, diskusi antara pimpinan daerah dapat dilakukan tanpa harus hadir keseluruhan anggota di lokasi yang sama. Tuntutan masyarakat akan pemerintahan yang baik sudah sangat mendesak untuk dilaksanakan oleh aparat pemerintah.Salah satu solusi yang diperlukan adalah keterpaduan sistem antara penyelenggaraan pemerintah melalui jaringan sistem informasi on line antarinstansi pemerintah, baik pusat dan daerah untuk mengakses seluruh data dan informasi terutama yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat.
            Hal terpenting yang harus di cermati adalah sektor pemerintah merupakan pendorong serta fasilitator dalam keberhasilan berbagai kegiatan pembangunan.Karena itu, keberhasilan pembangunan harus didukung oleh kecepatan arus data dan informasi antarinstansi agar tejadi keterpaduan sistem antara pemerintah dengan pihak penggunaan lainnya. Upaya percepatan penerapan e-government,  masih menemui kendala karena saat ini belum semua daerah menyelenggarakannya.Apalagi masih ada anggota e-government hanya membuat web site saja, namun sosialisasinya tidak terlaksana dengan optimal.Namun, berdasarkan inpers,pembangunan sistem informasi pemerintahan terpadu ini akan terealisasi sampai tahun 2005. Kendati demikian, yang terpenting adalah menghapus opini salah yang menganggap penerapan e-government sebagai sebuah proyek, padahal e-government merupakan sebuah sistem yang akan memadukan subsistem yang tersebar di seluruh daerah dan departemen.
Peranan teknologi informasi dalam bidang perbankan(e-banking).
            Internet dan alat komunikasi lain sebagai sumber informasi yang tidak terbatas dan sebagai alat komunikasi yang dapat menyampaikan informasi secara sangat cepat dan menjangkau seluruh belahan dunia. Dengan adanya e-banking nasabah dapat dipermudah melakukan kegiatan kegitan misalnya transaksi, pengecekan saldo, transfer uang, dan pembayaran tagihan tanpa harus pergi ke bank. Manfaat lainnya misalnya:
            1.Akan lebih menghemat waktu dan menghemat biaya.[6]
2.Membantu kelancaran bisnis, contoh website yang dapat diakses misalnya,www.bni.com,www.permatabanak.com,dan lain-lain.




Peran teknologi informasi dalam dunia asuransi.
          Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis dimana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, dimana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut. Asuransi merupakan metode untuk mengurangi risiko dengan cara memindahkan dan mengelompokkan ketidak pastian kerugian keuangan. Adapun hal penting untuk menjadikan bukti bahwa kita telah merujuk dengan perusahaan asuransi tersebut biasanya menggunakan polis asuransi. Sedangakan, polis adalah bukti tertulis atau surat perjanjian untuk pihak-pihak yang mengadakan perjanjian antara nasabah maupun lembaga asuransi.
          Penerapan sistem informasi berdasarkan komputer dapat  mempengaruhi struktur organisasi, motivasi dalam organisasi, manajemen, dan pengambilan keputusan. maka dari itu penerapan sistem informasi dalam dunia asuransi bisa dikatakan penting. Tapi, tergantung pada manusia itu sendiri bagaimana mereka dapat memanajemen sistem sebaik mungkin sehingga informasi-informasi yang dibutuhkan dan diberikan bermanfaat sangat baik bagi orang-orang yang memerlukannya.
          Jadi penerapan sistem informasi ini berperan pada dunia asuransi seperti pada perusahaan asuransi cacat tubuh, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi rumah, asuransi kendaraan, dan lain-lain yang berguna untuk memanajemen sistem perusahaan tersebut.
           


BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
            Teknologi informasi mempunyai peran yang sangat penting di zaman era globalisasi ini, baik dalam bidang pendidikan, pemerintahan, asuransi, perbankan dan lain-lain. perkembangan teknologi informasi sudah bisa di rasakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia karena dengan adanya teknologi informasi dapat meringankan pekerjaan siapapun, dan dengan teknologi informasi siapapun bisa mendapatkan informasi dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja.
           
















[1] )Hamzah B Uno dan Nina Lamatenggo, Teknologi komunikasi dan informasi pembelajaran, (Jakarta ; Bumi Aksara, 2010), hlm. 57
[2] )Syarif,Abdusy.’Riset Teknologi Informasi” di akses dari”http://www.scribd.com/doc/24946950/Pengertian-Teknologi-Informasi Jan 08, 2010
[3] ) Pak Ein,Media Edukasi-Informasi Dunia Pendidikan,di akses dari http://www.mediaedukasi.com/peranan-teknologi-dan-informasi-dalam-dunia-pendidikan/,03 Januari 2013.
[4] )Deni Darmawan,Teknologi Pembelajaran,(Jakarta:Bumi Aksara,2011),hlm.7
[5] ) Mika jan,”peran teknologi informasi”di akses dari http://mikachewkakachew.blogspot.com/2011/03/peranan-tik-dalam-bidang-pendidikan.html,Selasa,1 Maret 2011,04:47

[6] ) Mika jan,”peran teknologi informasi”di akses dari http://mikachewkakachew.blogspot.com/2011/03/peranan-tik-dalam-bidang-pendidikan.html,Selasa,1 Maret 2011,04:47

Tidak ada komentar:

Posting Komentar